Agenda 18 Kegiatan

Pelatihan Menulis Angkatan VI

opcl

Panggilan untuk Orang Muda Katolik

 

Selamat datang di website Komunitas Penulis Agenda 18. Semoga siapapun kamu yang membaca ini dalam keadaan yang cukup nyaman dengan gadget atau komputer masing-masing.

Komunitas Penulis Muda Agenda 18 adalah kelompok penulis Katolik yang berwawasan plural. Komunitas ini didirikan atas inisiatif sejumlah penulis, jurnalis, ataupun aktivis dengan tujuan mendidik anak muda menjadi calon penulis dan pencipta narasi peradaban. Jadi, jangan heran jika para pendiri Agenda 18 dan alumninya adalah orang-orang yang menghiasi kolom media massa, dan kini beralih juga menghiasi portal-portal media online.

Latar belakang Agenda 18 adalah sebuah aksi atas keprihatinan pada keberagaman Indonesia yang kerap terancam dengan oknum-oknum tertentu. Kondisi yang meresahkan 15 tahun lalu, saat Agenda 18 baru didirikan ternyata belum banyak berubah meski zaman sudah memasuki revolusi digital. Kekayaan budaya kita masih kerap dipandang dengan perspektif tunggal yang bisa menyebabkan fanatisme sempit dan mengganggu kerukunan hidup bersama. Hal ini masih bisa terlihat dari banyaknya rumah ibadah yang diganggu, teror terhadap gereja, hingga permainan politik identitas yang mengusung suku, ras, dan agama (SARA).

Kelompok ini lantas menjadi wadah pertukaran pengalaman, ilmu, dan pada khususnya untuk bidang penulisan. Pada akhirnya, output dari Agenda 18 adalah generasi muda yang mau aktif dalam mengkampanyekan pluralisme di Indonesia dengan spirit Katolik.

 

SEJARAH AGENDA 18

Kelompok Agenda 18 berawal dari sebuah pertemuan di awal tahun 2003 dimana sejumlah wartawan Katolik bertemu dengan Romo Alex Wijoyo SJ, sekretaris eksekutif Komisi Komunikasi Sosial, KWI, dan berbincang-bincang tentang hal apa yang bisa dilakukan sebagai suatu kelompok.

Terlontarlah gagasan untuk menumbuhkan para penulis muda, sebagai suatu respon dari kondisi dimana para penulis Katolik tidak lagi banyak muncul ke permukaan, dan untuk menghasilkan itu diperlukan usaha sistematis dan berjangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut.

Sampai saat ini Agenda 18 sudah melakukan 5 kali pelatihan penulisan dasar yang menghasilkan 5 angkatan. Setiap orang yang telah mengikuti pelatihan dianggap sah menjadi bagian dari kelompok ini. Kegiatan pelatihan sendiri tidak hanya berhenti sampai disana, setelah pelatihan biasanya diadakan pertemuan regular dengan jangka waktu tertentu untuk bertukar pengalaman sarta menjaga semangat untuk terus menulis. Pelatihan ini sendiri direncanakan akan diadakan secara berkala.

Harapannya dengan kegiatan yang terarah dan sistematis, maka akan tumbuh sejumlah penulis muda yang memiliki kepekaan sosial, kemampuan menulis yang baik, serta mengemukakan gagasan kepada publik lewat tulisan-tulisannya dalam media massa umum.

 

ANGKATAN 6

Dengan segala kebebasan menciptakan narasi di media sosial yang kamu miliki, kami mengajak kamu untuk terlibat dalam wadah ini. Saat ini Gereja dan segenap umat Katolik harus mereformasi diri menghadapi tantangan zaman. Segala narasi bisa diutarakan di media massa, di media online, terlepas dari kebenaran yang diutarakan. Lantas, maukah kita menjadi agen perubahan yang menuliskan kebenaran bukan kebencian?

Jangan lupa teman-teman, menulis adalah pekerjaan melanjutkan karya para rasul dan penginjil. Seturut pesan Paus Fransiskus pada DOCAT, buku tentang Ajaran Sosial Gereja khusus untuk orang muda bahwa kita berkewajiban melanjutkan ajaran sosial gereja. Ingat, kita telah dipersiapkan menjadi seorang Katolik yang cakap membuat pilihan, keputusan yang berani, dalam kehidupan sehari-hari. Kita tak bisa abai pada kondisi sosial di sekitar kita.

So, Agenda 18 membuka pendaftaran Angkatan 6 sampai 28 Februari 2018 dengan syarat;

  1. Orang muda Katolik, Perempuan/Laki-laki berusia 16-25 tahun
  2. Domisili Jabodetabek
  3. Mengisi dan mengirim formulir pendaftaran
  4. Mengirimkan esai sebanyak 3000 karakter dengan tema: “Keberagaman dalam Kehidupanku”
  5. Batas akhir formulir dan esai: 28 Februari 2018
  6. Permohonan Formulir hubungi: Blessty – 0821 2277 0595

Kami tunggu keterpanggilan kamu untuk melatih diri dan bergabung bersama kami. Sebab, menulis adalah pekerjaan untuk menciptakan peradaban, apapun wadahnya. Tuhan memberkati.

Escribir Para Siempre. Menulis selamanya.

27788594_1542767415840058_3106612887869985224_o  27971793_1542745395842260_4706270325114337794_n

About the author

Agenda 18

Komunitas penulis muda berwawasan plural.

Instagram: @agenda18
Twitter: @agenda18
Email: agendadelapanbelas@gmail.com

Add Comment

Click here to post a comment