FA Triatmoko HS Opini

Kamu Sama Gunung Meletus

Kamu bagi hidupku
dan gunung meletus bagi kehidupan,
adalah sama;
sama-sama menghancurkan sekaligus menciptakan.

Pengayaan
Empat baris diatas merupakan sari apa yang kupelajari dari Gunung Meletus dan Kamu. Namun, anatara Gunung Meletus dan Kamu, dimana persamaannya?Bagiku, Gunung Meletus dan Kamu adalah sama; berdampak, baik negatif dan positif.

Bagi kehidupan, Gunung Meletus merupakan bencana. Letusan Gunung Krakatau tahun 1883 menciptakan gelombang tsunami yang mencapai ketinggian 40 meter, menghapus 165 desa nelayan di Jawa dan Sumatra serta menewaskan 36.000 penduduk. Atau letusan Gunung Tambora pada April 1815 yang didaulat sebagai letusan paling ganas yang pernah tercatat dalam sejarah. Kabarnya letusan tersebut mampu menurunkan suhu bumi sebesar 3ºc dan menyebabkan beberapa bagian Eropa dan Amerika Utara mengalami “satu tahun tanpa musim panas”.

Kamu, sama seperti itu. Tak terhitung banyaknya waktu kugadaikan hanya untuk mengharapkanmu. Berapa energi yang habis hanya untuk menentukan “aku akan mendekatimu atau tidak”. Merasakan sesal yang mendalam saat tak berhasil menyampaikan perasaanku. Merasakan sedih ketika melihat Kamu pergi. Dan ketika tenggelam di samudera cinta tidak terbalas.

Tapi, Kamu juga menjadi berkah bagiku. Lihat saja, Kamu ibarat sungai yang membawakan inspirasi dan mengumpulkannya di lautan, dan aku—entah sambil berenang atau dari atas sampan—tinggal memungutinya. Dan berbaris tulisan, berbait lagu bisa terlahirkan. Terlebih, Kamu yang sempat beberapa waktu menjadi kompas penuntun jalanku, sehingga ku punya arah untuk dituju dan tak asal berjalan.

Sama juga, dibalik letusannya, Gunung Meletus pun menciptakan kehidupan. Materi-materi yang dimuntahkannya ke tanah, menyuburkan tanah tersebut dan memungkinkan berkembangnya hutan dan lahan pertanian. Mineral-mineral vulkanik; tembaga, emas, perak, dan timah, seringkali ditemukan diatas magma yang tersembunyi di dalam bumi. Terbentuknya pulau baru, dengan contoh paling terkenal adalah pulau Hawai. Dan karena efeknya yang mampu menurunkan suhu bumi, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat akan ada gunung yang akan meletus; demi mencegah pemanasan global.

Sumber Bacaan
Deskripsi letusan Gunung Krakatau
Deskripsi letusan Gunung Tambora
Dampak letusan gunung berapi
Dampak positif letusan gunung berapi

About the author

FA Triatmoko HS

Agenda 18 Angkatan 3. Saat ini bekerja di almamaternya yaitu Kantor Teknologi Pembelajara Universitas Indonesia sebagai Koordinator Teknologi Pembelajaran. Aktif menulis di POPsy! sebuah jurnal psikologi populer. Sejak 2012 membuka Kelas Koki Cilik @kekoci bersama istrinya, Kak Tasya.

Add Comment

Click here to post a comment